24 Apr 2021

PENGUMUMAN PENDAFTARAN DIFUSI TEKNOLOGI DAN INOVASI UNTUK UMKM

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan faktor utama penentu kemajuan suatu bangsa. Penguatan inovasi yang merupakan iptek yang telah memberikan kemanfaatan ekonomi dan/atau sosial adalah kata kunci yang sangat penting dalam proses pembangunan nasional, termasuk bagaimana membuat produk inovasi untuk sehingga kita tidak tergantung dengan produk impor dari negara lain.

Beberapa produk inovasi telah  dihasilkan oleh Riset dan Inovasi  Perguruan Tinggi dan Litbang jirap lainnya di Indonesia, tetapi sampai saat ini belum banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari berbagai teknologi dan inovasi yang telah dihasilkan tersebut. Agar manfaat dari inovasi baru dapat dinikmati oleh masyarakat maka diperlukan suatu proses, yakni proses difusi inovasi.

Penggunaan Bantuan Pemerintah berupa Difusi Teknologi dan Inovasi Untuk UMKM bertujuan untuk : (a) Meningkatkan daya saing UMKM melalui pemanfaatan Teknologi dan Inovasi, (b) melaksanakan uji coba implementasi teknologi melalui Difusi Teknologi dan Inovasi Untuk UMKM dan pelatihan pemanfaatan teknologi di masyarakat ; dan (c) melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap uji coba Difusi Teknologi dan Inovasi Untuk UMKM.

Produk inovasi tersebut berasal dari pelaku usaha/perusahaan yang berkomitmen pada kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (litbangjirap iptek) dan penggunaan produk dalam negeri.

Sebagai acuan pelaksanaan Difusi Teknologi dan Inovasi untuk UMKM maka diterbitkan Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan. Petunjuk Pelaksanaan ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan Difusi Teknologi dan Inovasi Kepada UMKM, dapat di unduh di : http://bit.ly/JuknisDifusiTTG2021

Kemenristek/BRIN membuka penilaian untuk Difusi Teknologi dan Inovasi untuk UMKM tahun 2021 untuk pelaku usaha/penyedia/tenan dapat mengikuti proses tersebut. Pelaku Usaha/penyedia/tenan mengajukan permohonan penilaian untuk berkomitmen dalam pelaksanaan Difusi Teknologi dan Inovasi untuk UMKM dan memenuhi persyaratan yang meliputi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sebagaimana dalam Panduan Teknis Bantuan Pemerintah Berupa Difusi Teknologi dan Inovasi untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pelaku usaha/penyedia/tenan dapat mensubmit dokumen proposal melalui : Direktorat Sistem Inovasi Kementerian Riset dan teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional, Gedung B.J.Habibie  Lt. 22, Jalan M.H. Thamrin No. 8, Jakarta 10340, email : baktiinovasi@ristekbrin.go.id dan berikut panduan pembuatan proposal melalui : http://bit.ly/ProposalDifusi2021

Keterangan

*Batas Pengumpulan Proposal Tanggal 21 Mei 2021 pukul 17.00 WIB*