11 Des 2020

Menristek Menyerahkan Bantuan Produk Inovasi Penanganan Covid-19 Kepada Gubernur Jabar

KOTA BANDUNG – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menjadi garda terdepan aksi nyata dengan pembentukan Konsorsium Riset dan Inovasi untuk Penanganan COVID-19. Berlandaskan Keputusan Menteri Riset dan Teknologi /Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 68/M/KPT/2020, Kemenristek/BRIN melalu Konsorsium Percepatan Penanggulangan COVID 19 berperan aktif dan bersinergi dengan lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (lemlitbangjirap iptek) kementerian/lembaga, perguruan tinggi dan industri dengan mengintegrasikan, menyelaraskan, mengkoordinasikan dan menyinergikan program riset dan inovasi guna penanganan COVID-19 secara cepat dan tepat.

Dalam rangka mempercepat pemanfaatan dan pendayagunaan produk inovasi yang dihasilkan Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Menteri Ristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro melakukan kegiatan bertajuk “Bakti Inovasi” ke Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan sekaligus memberikan bantuan hasil produk inovasi Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 berlangsung di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (08/12/2020).

Adapun 9 produk inovasi yang diserahkan yakni: (1) 3 unit Autonomous UVC Mobile Robot untuk sterilisasi dan disinfeksi ruang isolasi medis, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jabar, RS Hasan Sadikin, dan RS Pindad;(2) 3.000 unit Uji CePAD Covid-19 Antigen Test (untuk RS Hasan Sadikin, RS Pendidikan Unpad); (3) 3 unit Ventilator X-VENT XMV 20 frontliner (untuk RS Hasan Sadikin, RSUD Cimahi, RS Al Ihsan Bandung); (4) 5 unit Purifier/ Respirator PAPR LCC-Respira V.01 (untuk RS Melinda Bandung); (5) 1 unit Ventilator Transport Covent-20 UI (untuk RSUD Sayang Cianjur); (6) 1 unit teknologi pembersih udara ATTACT (untuk uang kantor Gubernur Jabar); (7) 1 unit Ventilator Indonesia (Vent-I) (untuk RS Hasan Sadikin Bandung); (8) 1 unit Mobile Lab BSL-2 (Pemda Kota Bogor); dan (9) 2 unit Ventilator Robotflow HFNC (untuk RS Hasan Sadikin Bandung).

Menristek berharap Bakti Inovasi ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil riset dan inovasi dalam negeri.

“Melalui Bakti Inovasi, harapannya dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk inovasi Indonesia sehingga kedepannya kemandirian dan daya saing bangsa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dapat terwujud,” jelas Menteri Bambang Brodjonegoro dalam arahannya pada Bakti Inovasi bersama Gubernur Jabar di Gedung Sate, Bandung.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi penyerahan alat untuk penanganan Covid-19 ini, dimana salah satunya merupakan produk Universitas Padjadjaran dan tidak harus mengandalkan produk dari luar negeri karena inovasi dalam negeri memiliki kualitas yang sama dengan biaya lebih murah.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Bambang menyerahkan SK Menristek/Kepala BRIN tentang Pelaksana Harian Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19 kepada tim peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terlibat dalam pengembangan Vaksin Merah Putih. Dengan demikian, ITB telah secara resmi bergabung dalam tim Nasional Pengembangan Vaksin Merah Putih bersama 5 lembaga lainnya yaitu LBM Eijkman, Universitas Airlangga, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, ITB, dan Universitas Gadjah Mada.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Bandung, Menteri Bambang mengunjungi Universitas Telkom untuk meninjau pameran produk-produk inovasi hasil inkubasi Bandung Techno Park oleh Universitas Telkom sekaligus melakukan Diskusi Inovasi dengan para civitas Universitas Telkom. Kemenristek/BRIN juga bekerja sama dengan Universitas Telkom untuk menciptakan inovasi untuk menangani Covid-19, seperti Autonomous UVC Mobile Robot yang berguna untuk desinfektan dan sterilisasi ruang isolasi medis.

Selanjutnya Menristek menyambangi PT Pindad Persero, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang produksi alutsista untuk kebutuhan TNI, Polri, dan ekspor ke pasar global. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk meninjau hasil penelitian dan pengembangan yang didukung melalui pendanaan Kemenristek/BRIN.

Beberapa hasil riset dan inovasi di bidang pertahanan dan keamanan yang di dukung melalui pendanaan Kemenristek/BRIN, antara lain RoketR-Han122B, Peralatan Bantu Perhitungan Penembakan Mortir/ Mesin Hitung Mortir(MHM), Sertifikasi Ranpur Badak Kanon90mm, Percepatan Penguasaan Teknologi Kendaraan Taktis Water Canon Polri, dan lain sebagainya.

Mengakhiri kunjungan kerjanya di Bandung, Menteri Bambang mengunjungi Cimahi Techno Park (CTP) yang diresmikan tahun 2019 dan merupakan salah satu dari 100 Techno Park yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada awal pemerintahan 2015-2019. Menteri Bambang meninjau hasil dari pendampingan BPPT dalam penyusunan Sistem Inovasi Daerah dengan Pemerintah Kota Cimahi sebagai salah satu klaster industri.